LANGKAH MPLS SD DI MASA PANDEMI COVID 19


 Sebagian guru kelas 1 pada tahun ajaran baru 2020/2021 mengalami  kesulitan dalam menerapkan MPLS,  hal ini disebabkan oleh  diterbitkan aturan untuk memutuskan  rangkaian penyebaran covid 19. 

Namun demikian,  karena tanggung jawab guru sebagai perwujudan kompetensi profesional,  dalam melaksanakan  MPLS,  dapat  melakukan langkah sebagai berikut:

1. Datangi salah satu murid  dan rekam menggunakan video ketika murid tersebut  mengenalkan diri,  dari nama,  nama panggilan,  nama orang tua,  kesukaan, dsb. 

2. Datangi  murid kedua,  guru meminta murid  kedua untuk menyimak rekaman video temannya,  dan berikan pertanyaan yang berkaitan dengan rekaman siswa pertama.  Dan mintalah siswa kedua untuk melakukan kegiatan seperti  siswa yang pertama.  Dan rekam seperti  siswa yang pertama. 

3. Guru mendatangi  siswa ke tiga,  dan meminta siswa ketiga menyimak hasil rekaman siswa pertama dan kedua dan  memberikan pertanyaan sesuai dengan  materi yang direkam,  kemudian guru meminta siswa ke tiga melakulan  kegiatan seperti  teman sebelumnya,  dan direkam.  Seterusnya guru mendatangi siswa keempat, kelima dan seterusnya. 

Dengan  melakukan kegiatan di atas, pada dasarnya  guru sudah melakukan MPLS dengan segala kekurangannya.  Dengan demikian dapat menepis anggapan  bahwa pada tahun ajaran 2020/2021 sekolah tidak memiliki kelas 1,  karena tidak  pernah diadakan MPLS.

semoga bermanfaat.. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODEL PEMBELAJARAN REKONTRUKSI SOSIAL VYGOTSKY

RPP BELAJAR DARI RUMAH ( BDR ) LURING