MODEL PEMBELAJARAN REKONTRUKSI SOSIAL VYGOTSKY
Pandemi covid 19, adalah bencana yang memengaruhi semua sisi kehidupan masyarakat, termasuk masalah pendidikan. Pengunaan Strategi tatap muka dala pembelajaran yang sudah berlaku beberapa abad harus diubah secepatnya, karena tidak sesuai lagi dengan keadaan karena menjadi sangat berbahaya.
Strategi Pembelajaran kemudian diubah dari bentuk konvensional menuju Pembelajaran di rumah, dimana dalam pembelajaran tersebut menuntut peran dari orang dewasa untuk membimbing anggota keluarga yang lebih muda.
Model belajar bimbingan orang dewasa kepada anggota yang lebih muda dikenal dengan rekontruksi sosial, yang lebih dikenal dengan model pembelajaran rekontruksi sosial, yang dikemukakan oleh Vygotsky
Model pembelajaran rekontruksi sosial Vygotsky, adalah model pembelajaran yang didasarkan pada teori rekontruksi sosial yang mempunyai pendapat bahwa intelegensi manusia berasal dari masyarakat, lingkungan dan budayanya. Teori ini menegaskan bahwa perolehan pengetahuan oleh individu terjadi pertama kalai melalui interpersonal dan intrapersonal. Pembelajaran akan terjadi apabila siswa menangani tugas-tugas yang belum dipelajari namun masih dalam rentang jangkauan kemapuannya. selain itu, pembelajaran rekontruksi sosial Vygotsky, sangat mementingkan bimbingan dari orang yang berpengalaman, dan menguranginya sedikit demi sedikit agar siswa menuju kemandirian.
Pembelajaran rekontruksi sosial Vygotsky memiliki dasar sebagai berikut:
1. Anak diberi kesempatan yang luas untuk mengembangkan zona proksimalnya dengan prinsip belajar berkembang
2. Pembelajaran dikaitkan dengan tingkat perkembangan potensialnya, dibanding perkembangan aktualnya.
3. Pembelajaran diarahkan pada penggunaan strategi untuk mengembangkan intermental daripada intramental
4. Anak diberi kesempatan seluas-luasnya untuk mengintegrasikan pengetahuan deklaratif yang telah dipelajari dengan pengetahuan prosedural untuk melakukan tugas-tugas dalam memecahkan masalah.
5. Proses pembelajaran tidak lagi bersifat tranferal namun sudah bersifat kontruksi.
B. Sintaks
a. Appersepsi
b. Mengemukakan contoh-contoh
c. Pembentukan kelompok
d. Menganalisis masalah
e. Tahap Meneliti
f. Tahap mendaftar
g. Memberi pengalaan
h. Tahap menyimpulkan.
Demikian uraian singkat model pembelajaran rekontruksi sosial, semoga ada manfaatnya.
Komentar
Posting Komentar